Upaya Peningkatan Kualitas Operator Aplikasi Satker

Demi peningkatan pemahaman bagi para operator aplikasi satuan kerja, KPPN Marisa mengadakan bimbingan teknis terkait aplikasi RKAKL, SAS, dan SAIBA pada tanggal 3-4 November 2015. Kegiatan tersebut mengundang seluruh satker di lingkup KPPN Marisa sejumlah 53 satker. Antusias pegawai satker untuk mengikuti bimbingan teknis ini sangat tinggi yang ditunjukkan oleh jumlah kehadiran sejumlah 76 peserta.

Kegiatan tersebut dibuka dengan sambutan dan pengarahan Kepala Kantor KPPN Marisa. Dalam sambutannya, Kepala Kantor berharap dengan bimbingan teknis ini, segala permasalahan terkait aplikasi yang dialami oleh operator dapat terbantu dan terselesaikan.

Materi pertama yang disampaikan oleh narasumber terkait pengoperasain aplikasi RKAKL, SAS, dan SAIBA. Dalam bimtek ini, materi lebih ditekankan kepada fitur-fitur baru yang ada di dalam aplikasi terbaru serta membahas permasalahan yang sering terjadi, utamanya dalam masalah SIMAK BMN dan Aplikasi Persediaan. Permasalahan yang timbul dikarenakan pada semester 1 banyak satker yang belum memiliki pagu akun persediaan serta aplikasi SIMAK BMN yang tidak terhubung baik dengan SAIBA.

Materi kedua yang disampaikan oleh narasumber adalah Penyusunan Laporan Keuangan Semester II Tahun Anggaran 2015. Dalam sesi ini materi lebih ditekankan kepada permasalahan yang ada pada Laporan Keuangan Semester I dan juga mengingatkan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk Laporan Keuangan Semester II. Dalam Sesi ini juga, disampaikan metode baru dalam pelaksanaan rekonsiliasi bulanan yang menggunakan OM SPAN dengan tujuan akan rekonsiliasi bulanan dapat lebih cepat selesai.